Halaman

Kamis, 14 Maret 2024

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah rasa syukur kami panjatkan kepada Allah تعالى shalawat beserta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada nabi Muhmmad shalallahu ‘alaihi wa sallam, kepada keluarga, para sahabat, hingga kepada seluruh ummatnya sampai akhir zaman. 

Suatu kebenaran dapat ditemukan melalui proses ilmiah dan non-ilmiah. Kebenaran yang ditemukan dengan proses non-ilmiah meliputi: akal sehat, intuitif (melalui proses yang tak disadari atau tanpa berfikir terlebih dahulu), trial and error (secara coba-coba tanpa kesadaran akan pemecahan masalah tertentu/ kebetulan), otoritas (kewibawaan seorang ilmuan/ pejabat tertentu, pendapat mereka umumnya sering diterima orang tanpa diuji karena dipandang sudah benar), prasangka dan wahyu.

Dalam sejarah peradaban, jalan menuju kepada kebenaran dan pengetahuan sangat panjang. Sedikit demi sedikit dengan susah payah, akhirnya manusia berhasil juga mengungkapkan tabir yang gelap selama berabad-abad. Pendorong yang kuat ke arah usaha yang tidak mengenal lelah ini adalah kodrat manusia yang selalu mencari dan mencari, hasrat ingin tahu yang dimiliki setiap orang.

Hasrat inilah yang menyebabkan orang ingin mendapatkan kebenaran, Hasrat ingin tahu ini kemudian dilakukan melalui penelitian, maka apa yang sekarang dianggap soal biasa mungkin beberapa abad yang lalu masih merupakan rahasia yang banyak menimbulkan spekulasi.

Telah banyak rahasia alam yang menakjubkan yang diketahui oleh ilmu pengetahuan. Namun demikian setiap hari masih banyak juga peristiwa yang belum terpecahkan, baik yang lama, maupun yang baru muncul, yang tadinya belum pernah ada. Semua itu merupakan tantangan bagi penelitian.

Penelitian selalu diperbaharui untuk mengatasi sikap hidup dan cara berpikir yang tidak sesuai dengan perkembangan kebutuhan zaman. Dan sesungguhnya sikap hidup dan cara berpikir yang tidak sesuai dengan perkembangan kebutuhan zaman dan cara berpikir yang spekulatif-aksiomatis tidak dapat dipertahankan lagi. Bagi mereka yang baru mempelajari dasar-dasar dan metodologi penelitian, ada baiknya untuk mengenal taraf berfikir dalam mencari kebenaran, agar dapat membedakan mana yang dapat dikatakan berfikir spekulatif-aksiomatis dan mana yang ilmiah.

Dengan demikian metode penelitian sangat diperlukan  sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan, dibuktikan dan dikembangkan suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah.

Dalam penerbitan buku ini tak lupa penulis sampaikan terimakasih yang setinggi-tinginya kepada semua pihak yang telah membantu sehingga buku ini dapagt terbit. Kepada pembaca yang budiman, masukan dan kritik konstruktif selalu penulis harapkan. Kepada Allah تعالى jualah penulis bermohon semoga kehadiran buku ini menjadi bagian pengabdian penulis terhadap ilmu pengetahuan dan menjadi jariyah yang bermanfaat, Amien.

Bukunya bisa di download di link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1LW8YDJcPEj1oLU-22YxkSTlfKc8L4BLF/view?usp=sharing

 

Bogor, 12 Septemnber  2022

 

 

 

Dr. Sutarto, M.Si., M.M.

Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar