Halaman

Rabu, 24 Februari 2010

LANDASAN KERJA STATISTIK

Ada tiga jenis landasan kerja statistik, menurut Sutrisno Hadi (2004:222-223) Yaitu :
a. Variasi. Didasarkan atas kenyataan bahwa seorang peneliti atau penyelidik selalu menghadapi persoalan dan gejala yang bermacam¬macam (variasi) baik dalam bentuk tingkatan dan jenisnya.

b. Reduksi. Hanya sebagian dan seluruh kejadian yang hendak diteliti
(penelitian sampling). .

c. Generalisasi. Sekalipun penelitian dilakukan terhadap sebagian dan seluruh kejadian yang hendak diteliti. Namun kesimpulan dan penelitian ini akan diperuntukkan bagi keseluruhan kejadian atau gejala yang hendak diambil

D. KARAKTERISTIK POKOK STATISTIK
Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri pokok statistik sebagai berikut:
a. Statistik Bekerja dengan Angka. Angka-angka ini dalarn statistik mempunyai dua pengertian, yaitu:

1) Pertama, angka statistik sebagai jumlah atau frekuensi dan angka statistik sebagai nilai atau harga. Pengertian ini mengandung arti bahwa data statistik adalah data kuantitatif. Contoh: jumlah pegawai Pemda Kota Bandung, jumlah dosen UPI Bandung yang diangkat Tahun 2005, jumlah tahanan yang dieksekusi, jumlah krirninal yang ditangkap, jumlah pengeboman oleh terori.s yang dipirnpin oleh Dr.Azahari, jumlah hakim yang disogok, jumlah perkara yang belum tuntas, jumlah anggota MPR, DPR. harga villa di kawasan Puncak Bogor, harga sirip ikan hiu di Manado, harga bandeng di Sidoarjo, harga mangga arum manis di Bangil. Angka-angka yang menyatakan nilai atau harga sesuatu.

2) Kedua, angka statistik sebagai nilai mempunyai arti data kualitatif yang diwujudkan dalam angka. Contoh: nilai kepribadian, nilai kecerdasan mahasiswa, metode mengajar dosen, kualitas sekolah, mutu pemberdayaan guru, implementasi dan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), perkara yang ditutup, metode hakim dalam mengambil keputusan perkara, dan sebagainya.

b. Statistik Bersifat Objektif. Statistik bekerja dengan. angka sehingga mempunyai sifat objektif, artinya angka statistik dapat cligunakan sebagai alat pencari fakta, pengungkap kenyataan yang ada dan menberikan keterangan yang benar, kemudian menentukan kebijakan sesuai fakta dan temuanya diungkapkan apa adanya.

c. Statistik Bersifat Universal (umum). Statistik tidak hanya digunakan dalam salah satu disiplin ilmu saja, tetapi dapat digunakan secara umum dalam berbagai bentuk disiplin ilmu pengetahuan dengan penuh keyakinan.

Untuk mengetahui manfaat dan kegunaan statisti klik di sini

2 komentar:

  1. wah keren ni pak, terimakasih atas sharingnya.

    BalasHapus
  2. Makasih pencerahannya

    Bagi yang memiliki online shop dan ingin membuat website toko online lengkap, desain menarik, gratis penyebaran, SEO, Backlink, agar usaha nya mudah ditemukan banyak pembeli di internet, sehingga bisa meningkatkan penjualan, klik ya : www.jasabuattokoonline.com


    Medium : Jasa Pembuatan Website Toko Online - Tokopedia : Jasa Website Toko Online dan Website Toko Online Murah - Facebook : Jasa Pembuatan Toko Online


    www.jilbabterbaru.my.id

    BalasHapus